Technofest NetIC FTUI 2018

Open Registration!

NETIC Organization of Universitas Indonesia proudly presents Technofest 2018 : “Blockchain of Things : Beyond Cryptocurrency”

Gunakan waktumu untuk berpatisipasi di Seminar dan Workshop yang akan diadakan oleh organisasi NETIC FTUI!

Dapatkan penglihatan menarik berdasarkan topik yang berhubungan tentang Blockchain dan Cryptocurrency!

Pelajari bagaimana memahami konsep dasar Blockchain dan mendapatkan pencerahan mengenai cryptocurrency melalui seminar dan workshop untuk meluruskan beberapa kesalahpahaman umum yang dilakukan sebagian orang

Link Registrasi :
Daftar Sesi 1
Daftar Sesi 2

Contact Persons:
Luthfi mufadel : 081289028042/luthfimufadel
Derni Ageng : 089657235315/derni_ageng

NetIC FTUI 2018
#IT4EmpoweringPeople

Kami Tidak Takut Ransomware Wannacry

Halo semua!!!

Pagi Teknik!!!

Baru-baru ini kita dihebohkan dengan kasus Ransomware yang menyerang banyak komputer di seluruh dunia terutama di bidang kesehatan, perkantoran, bahkan komputer pribadi.

Apa itu Ransomware?

Merupakan suatu perangkat lunak (software) jahat yang jika komputer terkena serangan ransomware maka semua data di dalam komputer akan terkunci (terenkripsi) oleh program jahat ini dan akan muncul permintaan agar pengguna membayarkan sejumlah uang agar kunci program dapat dibuka.

Saat ini ransomware yang paling terkenal adalah Ransomware wannacry

Ransomware wannacry (Symantec Security Center)

Untuk sementara, Ransomware Wannacry baru menginfeksi Windows, secara spesifik, Windows XP, namun dikhawatirkan akan keluar varian yang bahkan bisa mempengaruhi sistem PC kamu yang menggunakan Windows 7, Windows 10, atau bahkan Linux dan Mac OS! Ransomware ini juga terdistribusi melalui spam lewat email dan menginfeksi secara cepat dalam satu jaringan seperti layaknya virus komputer berjenis worm. (Winpoin, F-Secure)

Bagaimana Cara Mencegah Terinfeksi Ransomware Wannacry?

Ada beberapa cara yang disarankan oleh para pengamat keamanan TI adalah sebagai berikut (winpoin.com)

  1. Unduh dan install update terbaru sistem operasi Windows, terutama jika kamu masih menggunakan sistem operasi lama Windows XP. Microsoft telah menganalisis ancaman ini dan sudah menyediakan patch untuk menutup celah keamanan yang dieksploit malware ini melalui update terbaru. Kamu bisa mengunduhnya di sini.
  2. Install perangkat lunak antivirus. Antivirus dengan update versi terbaru sudah melakukan analisis dan dapat mencegah Ransomware Wannacry untuk menyerang komputer. Oleh karena itu install antivirus andalanmu dan update ke versi yang terbaru. Berikut adalah daftar antivirus yang sudah dapat mencegah Ransomware Wannacry (Beberapa dapat kamu unduh secara gratis*)
  3. Waspadai tautan mencurigakan! Jangan sembarangan mengklik tautan yang ada di email mencurigakan atau pesan aneh dari temanmu baik dari Skype, WA, Line, atau Instant message app lain.
  4. Mematikan Fitur Autorun. Autorun adalah salah satu fitur di Windows yang akan menjalankan secara otomatis file eksekusi yang ada di flashdisk atau CD yang dimasukkan ke dalam komputer. Hal ini akan mempermudah penyebaran virus jika tidak dimatikan.
  5. Mematikan Fitur Macros pada Microsoft Office. Buka Office kamu, kemudian klik file atau logo office, pilih trust center, pilih nonaktifkan macros.
  6. Mematikan fitur SMB. Salah satu celah keamanan yang dimanfaatkan oleh pembuat ransomware Wannacry adalah pada fitur SMB yang ada di Windows. Server Message Block (SMB) dapat kamu matikan dengan mengikuti langkah-langkah berikut

Salah satu celah yang digunakan oleh Wannacry

Bagaimana Jika Sudah Terkena Ransomware Wannacry?

Saat ini pakar keamanan IT sedang melakukan riset untuk membukan kunci (mendekripsi) dari pengunci crypto ransomware Wannacry ini. Oleh karena itu, kamu diharapkan bersabar karena ini ujian dari Allah. :'(

Salah satu perangkat lunak yang dapat kamu gunakan untuk menghapus ransomware ini adalah Norton Power Eraser buatan Symantec yang dapat diunduh di sini

Jika komputer kamu benar-benar terkunci dan tidak dapat digunakan sama sekali. Maka kamu dapat menginstall ulang dengan sistem operasi yang baru atau mengunduh tools penghapus antivirus berupa boot media di sini. Boot media tersebut merupakan tools buatan Bitdefender untuk menghapus virus tanpa harus menyalakan sistem operasi windows mu.

Sekian postingan dari kami NetIC FTUI. Jangan takut terhadap ransomware ini karena dapat dicegah dengan mudah. Akan tetapi untuk saat ini apabila kamu terinfeksi masih belum dapat diatasi karena proses dekripsi (pembukaan kunci) sedang dilakukan oleh pakar keamanan IT. Lebih baik mencegah dibandingkan memperbaikinya. sekian.

 

NetIC FTUI 2017

IT4EmpoweringPeople

#KamiTidakTakutRansomware

Technofest NetIC FTUI 2017

17800387_1487010707996517_1173804568317086681_n

[TECHNOFEST 2017]

Kamu orang yang ingin buat game? Atau kamu bisa buat game tapi ingin jual gamenya? 🤔

Pas banget nih, NetIC FTUI mengadakan seminar agar kamu mengerti cara pembuatan game sampai cara menjualnya! 🎮 👉💰

Ayo ikut seminar kece ini ya! 😁
Seminar ini bakal diadain di,
📆 Tanggal : 4 Mei 2017
📍 Tempat : Gedung K FTUI, tepatnya di K301
🕰 Waktu : Jam 19.00-21.00.
Untuk 20 pendaftar pertama akan dapat sertifikat fisik, jadi gaperlu lagi nih ngeprint sertifikatnya!

Yuk, daftar secepat mungkin di
seminartf17.neticftui.com